Elektron

Siapa yang mencetuskan nama ini ? (Elektron) tentu saja Thomson. Ya, ia adalah seorang penemu Teori elektron dan dapat membuktikan bahwa muatan miliknya adalah negatif. Sebuah benda tersusun dari atom-atom. Setiap atom mengandung inti atom bermuatan positif dan mengandung elektron" bermuatan negatif melingkari inti atom. Sentrifugal adalah sebuah gaya pada setiap elektron yang menekan keluar  diseimbangkan oleh tarikan kedalam yang asalnya dari inti atom. Oleh sebabnya elektron" tersebut menyebar atau beredar  dalam lintasan orbit yang stabil. Sebagaimana gerakan planet disekitar matahari.

Atom tembaga mempunyai 29 buah Proton dan 29 elektron . Tetapi 28 diantara nya berdar dilintasan yang dekat sekitar inti; itulah yang menyebabkan lintasan edarnya kecil, elektron" tersebut terikat didalam atom dan mendapat gaya tarik kuat yang berasal dari inti atom. Lalu bagaimana dengan elektron yang ke 29 ia bergerak di lintasan yang besar, karena jarak yang jauh dari inti atom maka tidak merasakan tarikan kuat dari inti atom' inilah yang dinamakan elektron bebas (free elektron)  maka dari itu elektron tersebut dapat berpindah-pindah dari atom ke atom yang lain.

Dari pernyataan diatas, jika kita mempunyai sebuah benda konduktor seperti tembaga, elektron bebaslah yang membuat arus dapat mengalir disekitar tembaga tersebut, bahwa listrik mengalir melalui arus negatif menuju positif "arus ini dinamakan arus Elektron".

Previous
Next Post »
Thanks for your comment