perintah linux : tar & dpkg

yang saya tampilkan adalah perintah perintah pada linux debian sebagai referensi saya jika saya lupa dengan perintah tersebut. jika terjadi kesalahan dalam perintah perhatikan bahwa perintah yang di input itu sudah benar(koreksi kembali)jika melihat kebawah terdapat banyak nomor, itu membuktikan bahwa saya menulis perintah ini melalui terminal linux kemudian saya simpan riwayat tulisan saya.

tar dan dpkg

     5  su
    6  tar -xjvf aplikasi.tar.bz2
    7  tar -zxvf aplikasi.tar.gz
    8  tar -xjvf aplikasi.tar.gz
    9  cd packetsoftware
   10  ls
   11  more readme
   12  . /configure
   13  make
   14  make install
   15  make clean
   16  dpkg --help | more
   17  dpkg more
   18  dpkg --more
   19  dpkg --help
   20  dpkg -i paketsoftware.deb
   21  dpkg -r | --remove | -P | --purge | paketsoftware..
   22  dpkg --remove voolco-0.2.1 ( atau -r)
   23  dpkg --purge voolco- .0.1.2 (atau -p)
   24  menampilkan Deskripsi paket software : dpkg --print-avail paketsoftware
   25  dpkg --print-avail mc
   26  mengekstrak paket software  dpkg --unpack paketsofware.deb
   27  lihat license dpkg --license
   28  dpkg --license
   29  menampilkan informasi paket software dpkg -I paketsoftware.deb
   30  history
   31  history>inicatattan
   32  mendaftar seluruh file yang terinstall bersama paket Software
   33  dpkg -L | --listfiles paketsoftware(Bukan Eks.deb)
   34  CONTOH
   35  dpkg -L mc | more
   36  status software yang terinstal
   37  dpkg -s | --status paketsoftware
   38  dpkg -s mc
   39  Menampilkan Seluruh Paket Software yang mirip
   40  dpkg -l | --list `*nama_paket*`
   41  dpkg -l `*nama_paket*`
   42  dpkg -l `*mc*`
Previous
Next Post »
Thanks for your comment