TEOREMA NORTON



Teorema norton sangat berhubungan dengan teorema thevenin , perbedeannya jika thevenin terhubung dengan seri sedangkan norton secara pararel. Seandainya saya memiliki rangkaian thevenin  maka saya dapat merubahnya menjadi norton ‘ kok bisa begitu ? lho, tentu bisa’ ini adalah proses penyederhanaan jika thevenin menyederhanakan multiloop pada beban tahanan menjadi loop tunggal. Norton membuat lebih kompleks lebih tepatnya adalah rangkaian pengganti, kelebihannya memiliki sumber arus ideal.  Nah, sumber arus ini memberikan sumber arus konstan sebesar


Kok gambarnya jelek !? “biarin jelek :P “ jika benar ingin berkonsentrasi pada teori norton hiraukan jeleknya. Nah, tidak ada yang janggal dari gambar diatas hanya bentuk yang kurang sempurna dapat diabaikan. cukup jelas bukan garis panah yang mengarah pada prob + menunjukan bahwa arus tersebut adalah arus konvensional. 
Cukup mudah untuk mengingat tahanan Norton karena nilainya sama dengan tahanan thevenin. Bingung ? oke deh ini contohnya,  bila tahanan thevenin sebesar 2k maka tahanan norton juga 2k ‘ cukup mudahkan.
Masih bingung ? coba bayangkan Semisalnya terminal2x beban dihubungkan singkat’ saya ingin menghitung  arus beban, saya dapatkan 5 mA.  Arus beban hubung singkat ini adalah arus NORTON . jika digambarkan seperti contoh diatas (Gambar bagian kanan)  maka tahanan norton adalah 2K ohm dapat dipastikan besaranya sama dengan thevenin 2K ohm.
Selamat mencoba , semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment